Kamis, 16 Februari 2017

Ini biasanya muncul manakala proses mental tak melibatkan notasi atau simbol yang diperloleh dari aktivitas belajar (learning) atau pengalaman. Picu ini penting manakala proses mental seutuhnya akan memakan waktu, sehingga membahayakan keberadaan, yakni dalam situasi kritis yang memerlukan putusan cepat, mirip gerak refleks tubuh. 





Sirkuit saraf yang dilalui stimulus mengikuti rute: indra (penglihatan, sentuhan, pendengaran, dan seterusnya) > Tatalamus di otak depan bawah—yang merelai (menguatkan dan meneruskan) > punggung (dorsal) amigdala—yang mengevaluasi. Sirkuit “reaksi cepat” ini disebut talamo amigdala atau subcortical. Sirkuit ini memungkinan manusia merasakan emosi—termasuk amarah—sebelum memikirkan mengapa?. 

Charles Darwin menemukan bahwa beberapa ekspresi emosi bersifat bawaan, universal, lintas budaya, bahkan lintas species, yang terdapat pada beragam jenis makhluk hidup. Riset mutakhir menguatkan hipotesis ini. Ekspresi emosi seperti seanang, kaget, sedih, amarah, sebal, jijik, dan takut ditemukan dalam berbagai budaya manusia baik yang melek maupun buta huruf.

Temuan-temuan di atas menegaskan sifat instingtif, sifat asasi, dan sifat universal amarah. Darwin menjelaskan amarah bayi yang belum bersentuhan sama sekali dengan pengetahuan perolehan, seperti norma, hukum, dan firman Ilahi.

Salah satu contoh amarah intingtif adalah manakala keberadaan seorang insan terancam. Ia akan melalui serangkaian tahap—kadan bolak-balik antara tahap-tahap ini: penolakan, amarah, kompromi (bargaining), depresi, dan penerimaan. Situasi ini teramati jelas pada mereka yang menjelang ajal (kesirnaan keberadaan).

Manajemen maupun profesional dapat memanfaatkan pengetahuan ini dalam situasi PHK atau suasana penggusuran, misalnya. Manajemen dapat menyiapkan strategi agar SDM yang hendak mereka PHK dapat dengan mulus dibawa melalui kelima tahap tadi.


Salam Sehat Jiwa

0 komentar:

RANCUPSIKOANALISA

Popular Posts

KLIK UNTUK MELIHAT DIAZEPAM

Free Retweets

TRACE & TRACKING

JUAL OBAT KALEM YOUTUBE

KLIK: Tanda-Tanda Schizophrenia ???

Free Traffic ist ein soziales Netzwerk.(Gratis) Kostenlos anmelden.