Minggu, 28 Agustus 2016

Mata kuliah Pendidikan Jasmani seharusnya dinamakan Pengantar Kebahagiaan! Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa orang yang suka berolahraga memiliki hidup yang lebih bahagia. Kita dapat mengubah hidup kita dengan membiasakan diri secara teratur berolahraga atau melakukan gerakan, seperti berjalan, berlari, berenang, menari atau yoga.


Ketika berolahraga, otak mendapatkan lebih banyak oksigen, tetapi yang jauh lebih penting, olahraga menyebabkan tubuh memproduksi zat kimia dan hormon yang berharga yang berdampak pada energi, suasana hati, dan kesehatan. Pada suatu penelitian belum lama ini yang melibatkan sejumlah olahragawan, psikiater John Ratey dan Harvard mendapati bahwa dopamin, serotonin, dan norepinefrin-zat kimia kebahagiaan yang hebat-semuanya meningkat kadarnya setelah berolahraga. 

Bahkan, belasan penelitian menunjukan bahwa olahraga sering sama manjurnya dengan obat yang diresepkan untuk mengurangi depresi.

Olahraga juga dapat membantu meredakan dan mencegah timbulnya perasaan cemas, menciptakan efek penenang yang berlangsung sekitar empat jam setelah berolahraga. Cobalah bertengkar segera setelah selesai berolahraga. Pertengkaran itu cenderung tidak akan terjadi! Olahraga juga akan meningkatkan kadar endorfin, zat kimia saraf “keceriaan” yang menyebabkan kita merasa gembira sehabis berolahraga, hingga sekitar 500 persen.
Dr. Henry S. Lodge, asistendosen klinik kedokteran di Columbia University menjelaskan mekanisme olahraga pada tingkat sel, yakni menjaga agar kita berenergi dan sehat. Dia berkata bahwa setiap hari sekitar satu persen sel tubuh kita berganti, dan seluruh tubuh menjadi baru setiap tiga bulan sekali. Apabila kita berolahraga, otot melespakan zat khusus yang memacu sel tubuh menjadi tumbuh. Apabila kita hanya duduk berhela-hela saja, otot mengeluarkan zat kimia sedikit-sedikit seacara terus-menerus yang menyuruh sel tubuh untuk mati. Ini motivasi yang hebat! Jika kita memulai berolahraga pada bulan Januari, maka kita akan mendapatkan tubuh baru yang terdiri atas sel-sel baru yang lebih kuat dan bahagia di bulan April.


Untuk memperbesar dampaknya, lakukan gerakan berolahraga dengan penuh kesadaran. Bergerak dengan niat yang sadar.


Salam Sehat Jiwa

0 komentar:

RANCUPSIKOANALISA

Popular Posts

KLIK UNTUK MELIHAT DIAZEPAM

Free Retweets

TRACE & TRACKING

JUAL OBAT KALEM YOUTUBE

KLIK: Tanda-Tanda Schizophrenia ???

Free Traffic ist ein soziales Netzwerk.(Gratis) Kostenlos anmelden.